Kamis, 09 Agustus 2012

TEMA OSMARU FISIP UNS 2012

Bersama FISIP: Membangun Mahasiswa Produktif dan Berwawasan Wirausaha
Mahasiswa adalah generasi penerus bangsa yang memiliki peran besar dalam membawa kemajuan di negeri ini. Bung Karno pernah berkata, “Beri aku sepuluh pemuda, maka aku akan mengubah dunia”. Pernyataan itu memang bukan semata-mata kalimat hiperbolis yang tidak sesuai dengan realita. Pada kenyataannya, sejarah menorehkan bahwa kaum mahasiswalah yang ikut berperan membuat perubahan di negeri ini. Kaum mahasiswalah yang gencar menyuarakan kritik dan ide mereka demi mewujudkan cita-cita bangsa. Namun, realita ketika jaman perang kemerdekaan memang jauh berbeda dengan apa yang kita hadapi di masa kini. Lalu, apa yang bisa dilakukan mahasiswa saat ini selain menimba ilmu?
Memiliki kecakapan di bidang akademis memang menjadi kewajiban mahasiswa sebagai insan cendekia. Namun, pengetahuan dan ilmu saja tidak cukup untuk mengubah dunia ini. Indeks Prestasi (IP) yang tinggi tidak akan ada gunanya ketika tidak diimbangi dengan produktivitas diri. IP hanyalah “hitam di atas putih”, lebih dari itu, soft skill adalah sesuatu yang lebih penting untuk ditunjukkan dalam praktiknya. IP tinggi tidak akan ada artinya jika sebagai mahasiswa kita tidak berkontribusi apa-apa untuk kehidupan sekitar kita.
Sebagai mahasiswa, kita dituntut agar menjadi insan yang produktif. Produktif bukan hanya persoalan memperoleh IP cumlaude atau menjadi aktivis di kampus. Lebih dari itu, produktif harus dipahami sebagai tindakan yang menghasilkan, berguna, dan bermanfaat. Tentunya tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri, tetapi juga kepentingan masyarakat. Tidak ada gunanya IP tinggi jika hanya menjadi “mahasiswa kupu-kupu” (kuliah pulang, kuliah pulang) yang apatis dengan kehidupan sekitar.
Sebagai mahasiswa FISIP (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), kita dituntut untuk lebih peduli dengan apa yang terjadi di sekitar kita. Sebagai mahasiswa, kita tidak hanya diarahkan untuk menjadi insan yang terdidik, terlatih, dan siap kerja, melainkan juga dituntut untuk peduli dengan persoalan yang dihadapi bangsa, salah satunya adalah memberantas pengangguran dan kemiskinan. Karenanya, sebagai mahasiswa kita harus berwawasan wirausaha. Berwawasan wirausaha berarti memiliki visi ke depan dan mampu beradaptasi dengan perubahan. Jiwa wirausaha juga erat dengan disiplin dan dedikasi yang tinggi. Wirausaha juga harus melayani dengan sepenuh hati dan jujur dalam menjalankan usahanya. Apa yang harus ada dalam diri seorang wirausaha tersebut sesuai dengan budaya kerja UNS ACTIVE, yaitu Achievement Orientation (Orientasi Berprestasi), Customer Satisfaction (Kepuasan Pengguna Jasa), Teamwork (Kerjasama), Integrity (Integritas), Visionary (Visioner), dan Entrepreneurship (Kewirausahaan).
Berangkat dari situ, maka OSMARU FISIP 2012 yang bertajuk “Bersama FISIP: Membangun Mahasiswa yang Produktif dan Berwawasan Wirausaha” bermaksud untuk memperkenalkan sekaligus memberikan pemahaman akan budaya kerja UNS ACTIVE. Dengan mengangkat tema yang merujuk pada budaya kerja UNS ACTIVE, kegiatan OSMARU FISIP 2012 ini diharapkan dapat menanamkan budaya kerja UNS ACTIVE untuk mewujudkan mahasiswa yang produktif dan berwawasan wirausaha sehingga mahasiswa dapat melihat peluang untuk mengentaskan isu dan permasalahan bangsa.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates